TONGGAK SEJARAH

Masa Lalu & Masa Depan

MASA LALU DAN MASA DEPAN

Energasindo Heksa Karya adalah perusahaan swasta niaga Indonesia pertama dalam bidang distribusi gas bumi. Didirikan tahun 1998 oleh para purnakarya perusahaan minyak dan gas nasional PERTAMINA, perusahaan ini memulai usahanya dengan bantuan tenaga profesional yang berpengalaman dalam bidangnya.

PT. Energasindo Heksa Karya memperoleh Ijin Niaga/Distribusi Gas Bumi melalui surat nomor 1424K/20/MEM/2002 dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia pada bulan September 2002. Surat ijin tersebut memungkinkan PT. Energasindo Heksa Karya untuk beroperasi di seluruh wilayah Indonesia dan memberikan ijin niaga gas melalui pipa untuk wilayah Cilegon. Lisensi tersebut menjadikan PT. Energasindo Heksa Karya sebagai perusahaan penyedia jasa distribusi gas alam yang terpercaya di Indonesia.

Sejak mulai beroperasi secara komersial di tahun 1999, PT Energasindo Heksa Karya, yang akrab disebut dengan nama Energas, sampai saat ini telah mempunyai jaringan distribusi pipa gas sepanjang lebih dari 90 kilometer dengan rata-rata penjualan sebesar 65,5 MMSCFD dari total 25 perusahaan pelanggan yang sebagian besar adalah perusahaan  dalam bidang industri dan pembangkit tenaga.

Daerah operasi pertama Energas adalah Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) di Banten, yang diawali dengan pemasokan gas kepada dua perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yakni Perusahaan Baja asal Australia dan Perusahaan pembuat carbon black asal Amerika Serikat.

Pada tahun 2003 Energas telah meluaskan daerah operasinya ke Jababeka dan Cikarang dan Cibitung (Jawa Barat), Cilegon dan Bitung (Provinsi Banten) dan Tempino Kecil sampai Payo Selincah (Propinsi Jambi).

Untuk menunjang perluasan operasi perusahaan di masa depan, pengembangan niaga ke arah sumber energy lainnya dan untuk penguasaan teknologi yang semakin berkembang, Energas telah memulai pengembangan sumber daya manusianya secara strategis sejak akhir tahun 2012. Pengembangan SDM secara terus menerus dan terarah ini dimaksudkan untuk menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang mampu menjawab tantangan yang dihadapi perusahaan dalam pengembangan niaganya.

Energas telah melakukan kaji ulang dan menerapkan manajemen SDM yang diharapkan dapat mendukung upaya perusahaan dalam melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik.

Selanjutnya dengan arahan dan dukungan jajaran Komisaris, Direksi telah menetapkan visi dan misi perusahaan yang baru dan memberikan arahan bagi nilai-nilai yang harus dijadikan acuan dalam melanjutkan pengembangan niaga perusahaan. Dengan visi, misi dan nilai-nilai baru ini, diharapkan Energas akan mampu berkembang menjadi perusahaan yang bernilai tinggi dan disegani di kawasan ASEAN dan Asia.